Sabtu, 28 Januari 2006

Jangan Saling Membuka Aib Sesama Manusia


Sahabat seagama yang dirahmati Allah SWT, tausiyah singkat pagi ini akan membahas tentang jangan membuka aibsesama manusia.

Kita pasti seringkali mendengar pembicaraan dari orang yang suka membicarakan aib orang lain kepada lawan bicaranya. Baik itu saat kita sedang berkumpul dengan keluarga kita, sahabat kita atau dengan tetangga kita sekalipun.

Sahabat, jika semua orang mengetahui akan bahayanya orang yang suka membocorkan aib seseorang, pasti seluruh manusia di dunia ini tidak akan pernah melakukannya. Untuk itu, jangalah diantara kita saling membuka aib sesama, karena Allah SWT akan menyiksa orang tersebut di dunia dan di akhirat.

Sebagaimana firman Allah SWT : “Bahwasanya orang-orang yang suka membocorkan perbuatan keji (aib) bagi orang-orang manusia, maka bagi mereka siksa yang pedih di dunia dan di akhirat. (QS. An-Nur : 19)

Sahabat, inilah salah satu bahaya lidah yang harus perlu kita hindari. Walaupun agak susah menghindarinya. Mungkin dengan cara di bawah ini, semoga kita semua bisa menghindarinya. Ini dia caranya :

  1. Ingatlah selalu ayat diatas, saat kita sedang berkumpul dengan orang lain.
  2. Bacalah taawudz yaitu “audzubillahi mina syaithoni rajim” yang artinya “Ya Allah, aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk.
  3. Mengetahui hikmah menutup aib sesama manusia.

Apa hikmah menutup aib sesama manusia itu?
Insya Allah saya akan postingkan, tunggu saja ya sob…

Demikianlah tausiyah singkat hari ini, semoga bermanfaat.

Tags : membuka aib sesama, bahaya lidah, bacalah taawudz, hikmah menutup aib, tausiyah singkat, larangan membuka aib, membicarakan aib.


www.kumpulanrenunganmalam.blogspot.com